Kraton Jogja: Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya Yang Ikonik di Yogyakarta

Salah satu destinasi wisata yang menarik di Yogyakarta adalah Kraton Jogja (Keraton Yogyakarta / Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat). Terutama bagi kamu yang menyukai wisata budaya dan sejarah, maka wajib mampir ke tempat ini. Kraton Jogja sangat kental dengan warisan sejarah dan budaya Jawa yang sangat menakjubkan. Walaupun merupakan tempat tinggal sultan dan keluarganya, tetapi beberapa bagiannya terbuka untuk dikunjungi oleh wisatawan pada jam-jam tertentu. Semenarik apa Kraton Jogja ini? Simak info lengkapnya di sini, yuk!

Keistimewaan Kraton Jogja

Melansir dari laman Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Kraton Jogja merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Sri Sultan Hamengkubuwono I membangun kawasan kraton sejak 1775 dengan memperhatikan tata letak dan pakem-pakem budaya Jawa. Kalau diperhatikan, bangunan kraton  tersusun dari utara ke selatan. Kraton menjadi pusat dari garis imajiner yang menghubungkan Gunung Merapi di bagian utara dan Pantai Parangtritis di bagian selatan.  

Denah Kraton Jogja
(Sumber; kebudayaan.kotajogja.go.id)

Luas total areanya mencapai 184 hektar. Namun, hanya sekitar 13 hektar yang menjadi bangunan inti. Di dalamnya terdapat banyak bangunan-bangunan yang menjadi tempat tinggal raja beserta keluarganya, termasuk para abdi dalem. Selain itu, tradisi kesultanan masih berjalan dengan sangat baik dan ketat di sini. Sebagian area kraton bisa dikunjungi oleh publik sebagai destinasi wisata. Pengelolaannya berada di bawah Kawedanan Radya Kartiyasa.

Ada Apa Saja di Kraton Jogja?

Di Kraton Jogja, kamu bisa melihat keindahan bangunannya yang khas. Arsitektur bangunannya sangat kental dengan gaya Jawa tradisional. Walaupun begitu, di beberapa bagian tertentu juga terdapat sentuhan dari budaya Belanda, Portugis, dan Cina.

Ada tujuh kompleks utama, yaitu Sitihinggil Lor (Balairung Utama), Srimanganti, Kamandungan Lor, Kedhaton, Kemagangan, Kamandungan Kidul, dan Sitihinggil Kidul. Masing-masing kompleks tersebut memiliki fungsi tersendiri. Sebut saja misalnya Sitihinggil Lor. Sitihinggil Lor menjadi tempat untuk upacara-upacara penting keluarga kraton, seperti upacara naik tahta maupun pernikahan agung.

Kedathon Kraton Jogja
(Source: Instagram @kratonjogja)

Selain itu terdapat museum dengan banyak ruang pamer. Koleksinya adalah benda-benda kuno bersejarah. Ada alat musik dan benda seni seperti gamelan hingga lukisan. Tak ketinggalan batik kuno, keramik antik, hingga kereta kuda. Barang pribadi milik sultan juga tertata rapi di ruang pamer, seperti kumpulan lencana dan beberapa koleksi pakaian.

Nikmati Pertunjukan Seni Budaya Jawa

Tak hanya berkeliling melihat koleksi museum dan suasana kraton, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan seni. Untuk memperkenalkan budaya Jawa lebih luas, pengelola sering mengadakan berbagai pertunjukan seni pada hari-hari tertentu.

Wayang Golek Menak menjadi alternatif pertunjukan yang bisa kamu tonton. Wayang golek yang dipertunjukkan tidak hanya yang berasal dari Yogyakarta, tetapi juga koleksi wayang golek dari daerah-daerah lain di Pulau Jawa. Selain wayang golek, ada juga pertunjukan wayang kulit dan wayang orang.

Pertunjukan Seni Budaya di Kraton
(Source: Instagram @kratonjogja)

Gemulainya gerakan para penari yang membawakan Joged Mataram menjadi pertunjukan yang tak kalah menarik. Kisah yang tersaji melalui tarian ini sebagian besar adalah cerita tradisional Jawa.

Ingin yang lebih unik? Coba saksikan pertunjukan macapat. Macapat adalah sejenis puisi tradisional Jawa yang dibawakan secara berirama dengan iringan musik yang indah. Kesenian yang satu ini sudah tergolong langka.

Jika ingin menyaksikan pertunjukan-pertunjukan tadi, maka kamu harus datang sesuai jadwalnya. Berikut ini jadwal pertunjukan seni di Kraton Jogja:

  • Pertunjukan Gamelan, setiap Senin dan Selasa, pukul 10.00 – 12.00 WIB.
  • Pertunjukan Wayang Golek, setiap Rabu, pukul 09.00 -12.00 WIB.
  • Pertunjukan Tarian, setiap Kamis dan Minggu, pukul 09.00 – 12.00 WIB.
  • Pembacaan Puisi, setiap Jumat, pukul 10.00 – 11.30 WIB.
  • Pertunjukan Wayang Kulit, setiap Sabtu, pukul 09.00 – 13.00 WIB.
Andi Dalem Kraton
(Source: Instagram @kratonjogja)

Selain itu, kamu juga bisa merasakan cara interaksi yang Jogja banget’ di Kraton Jogja. Terutama saat bertemu dengan para abdi dalem (pekerja khusus kraton) yang ramah dan murah senyum.

Harga Tiket Masuk Kraton Jogja

Untuk kamu yang bertanya-tanya, kira-kira masuk Kraton Jogja bayar berapa? Tenang, aman di kantong, kok! Harga tiket masuknya tergolong sangat murah dan berlaku sama setiap hari.

Harga tiket masuk Kraton Jogja untuk wisatawan domestik sebesar Rp8.000,00/orang. Sementara wisatawan mancanegara Rp15.000,00/orang. Harga ini tidak termasuk dengan biaya tambahan izin memotret kalau kamu membawa kamera profesional saat masuk ke area kraton, ya.

Jam Buka

Tertarik berkunjung ke tempat menarik ini? Jika iya, maka kamu bisa datang di jam operasionalnya. Kraton Jogja buka setiap hari, pukul 08.30 – 14.00 WIB.

Lokasi dan Cara Menuju Kraton Jogja

Kraton Jogja berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (cek Google Maps).

Dari Jalan Malioboro, area Kraton Jogja bisa dicapai hanya dalam waktu sekitar 7 – 10 menit berkendara. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau sepeda motor). Lokasinya sangat strategis sehingga kamu akan menemukannya dengan mudah. Ada juga pilihan transportasi umum seperti bus TransJogja, taksi, becak, andong, maupun ojek online.

Aturan Saat Berkunjung

Ada beberapa aturan khusus untuk pengunjung Kraton Jogja. Hal ini mengingat bahwa kraton adalah tempat terhormat, sakral, dan masih sangat kental dengan budaya.

1. Pengunjung tidak boleh berfoto bersama abdi dalem dengan membelakangi Kedhaton.

2. Berfoto dengan membelakangi abdi dalem sembari selfie juga tidak diperkenankan.

3. Dilarang menyentuh koleksi museum.

4. Jangan menggunakan topi saat masuk ke area kraton.

5. Tidak boleh duduk disembarang tempat.

***

Menarik sekali ‘kan wisata sejarah dan budaya di Kraton Jogja? Masukkan ke dalam rencana perjalananmu jika kamu memang menyukai hal-hal seputar sejarah dan budaya Jawa ini. Jangan lupa, pastikan kamu menggunakan pakaian yang sopan dan rapi saat berkunjung.